Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemerintah Gelontorkan Dana DAK - MEDIA METRO NEWS

Breaking News

Wednesday, August 18, 2021

Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Pemerintah Gelontorkan Dana DAK


 


Nganjuk, mediametronews.com – Pemerintah melalui Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Nganjuk terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu caranya yakni dengan menyiapkan anggaran DAK  tahun 2021 ini.
Kepala Dindik Kabupaten Nganjuk,  DR. SOPINGI , AP. M.M.  saat ditemui menjelaskan , untuk tahun 2021 DAK  dengan Penyedia Jasa dan terpenting pelaksanaan kegiatan harus sesuai target waktu , dan sesuai RAB ,"ungkapnya.



 Berhubung sibuk dialihkan ke Plt Kabid Dikdas , Restiyan Effendi , S.ST  mengatakan, pada tahun 2021, terdapat 37 lembaga sekolah di tingkat SDN yang menerima DAK. “Total pagu anggaran mencapai Rp 24.505.000.000,- dan  untuk masing-masing lembaga nilainya tidak sama tergantung dengan pengajuan seperti pembangunan Rehab Ruang Kelas , Ruang Perpustakaan, Toilet , Ruang UKS , Ruang Guru , Ruang Kepala Sekolah , Pembangunan Ruang UKS , Ruang Perpustakaan, Ruang lab komputer, Pengadaan Peralatan TIK ,Pengadaan Media Pendidikan  dan sebagainya” ungkapnya.
Sedangkan untuk lembaga di tingkat SMPN . kata Restiyan, terdapat 20 lembaga yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Nganjuk, “Adapun total anggaran DAK untuk 20 SMPN yaitu sebesar Rp 16.232.000.000,- dikerjakan dengan Penyedia Jasa , beberapa kegiatan  pembangunan diantaranya, Rehab Ruang Kelas, Perpustakaan, Lab IPA, Ruang Kepala Sekolah , Ruang Guru, Pembangunan Ruang Perpustakaan, Lab IPA,Toilet, Ruang lab komputer, Rehab Ruang TU, UKS , pembangunan ruang UKS , pengadaan peralatan lab IPA Fisika dan Biologi, peralatan TIK, pengadaan media pendidikan ,” terangnya.
Restiyan menegaskan, untuk pembangunan kegiatan tersebut dimulai awal  bulan Agustus 2021  dan ditargetkan finish bulan November dan Desember 2021.
Sementara itu, Plt Kabid dikdas  Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk, menambahkan,  anggaran DAK tersebut digunakan untuk merehabilitasi beberapa SD dan SMP dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan serta menunjang prestasi akademik.
“Diharapkan pihak penyedia jasa menyelesaikan pembangunan sesuai petunjuk teknis dan tepat waktu serta menjaga kualitas pembangunan, tidak lupa menjaga  prokes pandemi covid 19,"terangnya. (Erny)

No comments:

Post a Comment