PTM Terbatas , SMKN 1 Tanjunganom Terus Berbenah - MEDIA METRO NEWS

Breaking News

Friday, September 24, 2021

PTM Terbatas , SMKN 1 Tanjunganom Terus Berbenah


 

Nganjuk ,mediametronews.com - Pandemi Covid - 19 membawa pengaruh besar terhadap pelaksanaan pendidikan di tanah air, khususnya di Kabupaten Nganjuk.

Sejak pandemi Covid - 19 melanda negeri ini, pembelajaran dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh atau daring.

Merespon trend kasus Covid - 19 yang cenderung menurun, pemerintah mulai mengijinkan lembaga pendidikan untuk menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas.

Adapun regulasi yang menjadi dasar penyelenggaraan belajar tatap muka secara nasional yaitu Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.

Selain itu, pelaksanaan pembelajaran tatap muka ini, menyusul diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2 khususnya di wilayah Kabupaten Nganjuk.



Kepala SMK Negeri 1 Tanjunganom, RA Iwan Tresnawan SPd MSi mengatakan terkait dibukanya PTM Terbatas, SMK Negeri 1 Tanjunganom terus berbenah dengan melakukan berbagai upaya pembenahan infrastruktur dan kelengkapan sekolah.

"Persiapan PTM dengan cara meningkatkan keamanan dan kenyamanan peserta didik.
Seperti pembuatan zebra cross dan zona selamat sekolah, mini halte tempat menunggu orang tua yang menjemput putra putri nya, serta pengajuan permohonan pemanfaatan lahan Utara sekolah yg telah dipinjamkan oleh Pemkab menjadi tempat parkir siswa. Mengingat saat ini lahan parkir digunakan untuk RPS.
Dengan luas lahan 2.2 Ha, sangat terbatas untuk sebuah SMK dengan jumlah Siswa sebesar SMKN 1 Tanjunganom, ideal nya 5 Ha.



"Untuk tempat parkir, nantinya akan dikelola penjaga bekerja sama dengan karang taruna desa setempat," ujarnya.

Menurut Iwan, untuk anggaran pembangunan aula berasal dari dana komite sekolah. Adapun volume bangunan aula seluas 24x26 meter.

"Saya berharap, dengan dibangunnya sejumlah fasilitas sekolah, sekolah tertata rapi , bersih dan indah, sehingga semua peserta didik, tenaga pengajar dan staf merasa betah ( kerasan)dan nyaman ketika melakulan aktivitas di sekolah," harapnya.

Masih menurut Iwan, ada 4 hal yang dilakukan untuk mensukseskan pembelajaran di SMK Negeri 1 Tanjunganom, diantaranya guyub rukun, sekolah melayani, sekolah Inovatif dan transparansi.



"Guyub rukun antar siswa, staf, pengajar dan orangtua sehingga terjalin kerjasama yang baik," imbuhnya.

Sekolah melayani, lanjut Iwan, komponen sekolah saling melayani tamu dengan ramah, menghargai begitu pula sebaliknya...

"Sedangkan sekolah inovatif, anak-anak kita dorong untuk selalu berkarya dan berprestasi, belajar tidak hanya di kelas akan tetapi di manapun, termasuk di alam terbuka di lingkungan sekolah. Terakhir,
Transparansi, siswa dan staf tenaga pengajar dituntut untuk selalu belajar jujur ,transparan dalam segala hal," pungkas Iwan. (Er)

No comments:

Post a Comment