Dinas PUPR Nganjuk Bangun Tengki Septik Skala Individual di 10 Desa - MEDIA METRO NEWS

Breaking News

Sunday, September 3, 2023

Dinas PUPR Nganjuk Bangun Tengki Septik Skala Individual di 10 Desa


 

Nganjuk, mediametronews.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk membangun ratusan tangki septik skala individual di 10 desa yang tersebar di 7 kecamatan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo mengatakan, ratusan septik tank itu dibangun di 10 desa, diantaranya Desa Kedungsoko Kecamatan Sukomoro, Desa Ngangkatan dan Desa Mungkung Kecamatan, Rejoso, Desa Tempuran, Desa Ngluyu, dan Desa Lengkong Lor Kecamatan Ngluyu.

Lalu, Desa Balongasem Kecamatan Lengkong, Desa Drenges Kecamatan Kertosono, Desa Kedungombo Kecamatan Tanjunganom dan
Desa Mojoseto Kecamatan Gondang.



"Pembanguan tangki septik skala individual ini, dibiayai melalui dana alokasi khusus (DAK) bidang sanitasi di tahun 2023," terang Gunawan.

Dijelaskannya, sanitasi merupakan salah satu sektor yang memiliki keterkaitan sangat erat dengan kemisikinan, tingkat pendidikan, kepadatan penduduk, daerah kumuh dan akhirnya berdampak pada masalah kesehatan lingkungan.

"Sanitasi lingkungan pada gilirannya akan menentukan taraf kesehatan masyarakat," terangnya.

Situasi ini, kata Gunawan, memberikan tantangan signifikan dimana pemerintah masih dihadapkan pada persoalan belum tertanganinya tingkat kemiskinan dan permasalahan lain.



"Hal ini masih menjadi persoalan pembangunan Nasional dan Daerah, tidak terkecuali di Kabupaten Nganjuk," katanya.

Menurutnya, sanitasi yang tidak memadai atau kurang baik berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan dan lingkungan hidup, seperti masih banyaknya kasus diare yang berakibat pada kematian bayi dan tingginya kasus stunting (keterlambatan tumbuh kembang anak).

"Dengan adanya pembangunan tangki septik ini, diharapkan untuk mewujudkan ketersediaan tangki septik skala individual yang layak bagi masyarakat," harapnya. (Erny)

No comments:

Post a Comment